Selasa, 06 Juli 2010

Beberapa Jenis Ticket

Beberapa jenis ticket yang digunakan oleh maskapai penerbangan hingga saat ini sebagai berikut:
  • Tiket paper manual, adalah tiket yang terbuat dari kertas/dokumen berharga berbentuk buku yang diterbitkan dengan cara menuliskan dengan pulpen. Tiket ini walaupun sudah lama digunakan namun sampai dengan saat ini masih tetap digunakan oleh beberapa airline. Buku tiket dicetak dengan kertas khusus agar tidak mudah dipalsukan. Dalam satu buku tiket terdiri dari satu flight coupon, dua flight coupon dan empat flight coupon. Ada audit coupon, agent coupon dan passenger coupon yang berguna sebagai kontrol terhadap diterbitkannya suatu tiket.
  • Tiket paper printer, adalah tiket yang terbuat dari kertas/dokumen berharga berbentuk buku yang diterbitkan dengan cara mem-print menggunakan printer yang dioperasikan dengan sistem tiketing tertentu. Dalam satu buku tiket terdiri dari empat flight coupon, audit coupon, agent coupon dan passenger coupon.
  • Tiket elektronik, adalah tiket yang dibuat secara elektronik, yang mana semua data penerbangan dan penumpang yang tertulis di dalamnya tersimpan dalam sebuah dokumen elektronik dalam data base airline atau perusahaan penyedia sistem tiketing. Penumpang hanya perlu membawa print out dari data tersebut yang dapat di-reprint berulang kali.
Dari ketiga jenis tiket tersebut, sejalan dengan perkembangan teknologi, jenis tiket elektronik yang paling banyak digunakan oleh airline di seluruh dunia. IATA (International Air Transport Association) menetapkan agar anggotanya menggunakan electronic ticket mulai tahun 2007 dan billing antar airline dilakukan dengan cara kerjasama bilateral dan multilateral melalui BSP (Bank Settlement Plan).

2 komentar:

  1. Kalo tiket optat itu apa? Beda nya sama tiket manual apa?

    BalasHapus
  2. kunjungi juga https://www.gondonesia.com/ untuk belajar sistem reservasi

    BalasHapus